Desain Futuristik Kantor AOL

Nur Januarita Benu - Okezone
Kamis, 12 Januari 2012 08:00 wib
Desain Futuristik Kantor AOL
foto: kantor AOL/myinteriordesign

CALIFORNIA - Kantor sekaligus markas besar American On Line (AOL) bisa dibilang adalah kantor yang unik dan beda dari kantor berita lainnya. Sebab, kantor tersebut memiliki desain futuristik yang sangat berkesan canggih dan modern, ditambah konsep gedung dengan banyak bukaan dan transparan untuk menciptakan ruangan yang luas.

Kantor pusat AOL ini, terletak di Palo Alto, California dengan luas 73.024 meter persegi. Didesain khusus oleh desainer interior dari Studio 0+A, San Fransisco. 0+A mendesain ulang kantor yang merupakan bangunan tua tahun 80-an ini dengan desain yang lebih bersih dan cerah, mengekspos langit-langit gedung, menonjolkan struktur bangunan, dan secara umum menciptakan ruangan luas tanpa batas.
 
Seperti yang dikutip dari laman My Interior Design, Kamis (12/1/2012), kunci utama konsep kantor AOL ini teletak pada material bangunannya yang sengaja ingin ditampilkan apa adanya, namun tetap dapat menciptakan kesan modern pada ruang
kerja.

Contohnya adalah material Oriented Strand Board (OSB) yang biasanya digunakan sebagai pemisah ruangan, di kantor ini, material tersebut dimodifikasi hingga menampilkan aksen kontemporer pada ruangan.

Pemilihan tema trasnparan untuk desain kantor ini juga diterapkan dalam penataan ruang kerja karyawan, dari ruangan yang bersifat privat dan terkotak-kotak, diubah menjadi satu ruangan besar tanpa penghalang untuk lebih menciptakan suasana
kebersamaan.

Terdapat area khusus yang disebut Town Hall, sebuah ruangan besar gabungan tempat makan, tempat bermain, tempat santai, dan ruangan serba bisa. Town Hall yang terletak di pusat kantor memang sengaja difungsikan sebagai ruangan utama tempat berkumpul seluruh karyawan untuk saling berinteraksi dan mendiskusikan ide-ide kreatif baru.

Tidak hanya itu, pada ruang tengah kantor juga disebar sofa-sofa nyaman dan biasanya digunakan untuk rapat informal karyawan. Keseluruhan interiornya didominasi warna-warna cerah dan dipadukan dengan warna putih sukses memberikan suasana yang nyaman dan relaksasi bagi seluruh karyawan. Variasi dinding warna-warni di seluruh kantor mencakup pola-pola abstrak dan image  budaya pop dengan wall covering yang dibuat khusus dengan menambahkan logo AOL terbaru di setiap sudut kantor.

Image kreatif, playful, enerjik, dan transparansi memang sangat terlihat dari tampilan keseluruhan kantor salah satu portal berita terbesar Amerika ini. Ditambah desain modern dan furnitur canggih, semakin menjadikan tampilan industrial yang sangat
menarik. (rhs)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป