getting time ...

Pilah-pilih Jenis Kusen yang Tepat

Sabtu, 31 Maret 2012 17:25 wib
detail berita
Kusen pintu aluminium (foto: arindoglobaltm.com)

KUSEN merupakan frame atau bingkai dari daun jendela atau pintu yang menjadi tumpuan agar dapat dibuka tutup dengan baik. Ketebalan kusen biasanya disesuaikan dengan ketebalan dinding dan material pabrikasi.
 
Ada beberapa material kusen jendela atau pintu seperti  kayu, alumunium, dan UPVC. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, tergantung karakteristik material yang bersangkutan. Kayu merupakan material yang dapat diperbaharui tetapi tidak dapat cepat tersedia. Membutuhkan beberapa tahun agar dapat menghasilkan kualitas kayu yang baik.
 
Permintaan dan penyediaan bahan baku tidak berbanding lurus, dimana permintaan cukup banyak tetapi penyediaannya kurang cepat. Untuk itu, sangat penting dalam mengetahui jenis-jenis kusen yang tersedia di pasaran, agar pilihan Anda nantinya pas dan tepat guna. Seperti yang dijabarkan berikut ini:
 
Kusen kayu
1. Kusen kayu bisa fleksibel digunakan pada berbagai gaya rumah (tradisional, modern, klasik)
2. Kayu dapat tampil natural sesuai jenis kayu yang digunakan.
3. Kualitas material kayu cukup baik, sesuai dengan jenisnya. Untuk kelas baik seperti kayu kamper Samarinda dan kayu jati, sedangkan kayu kelas dibawahnya yaitu kamper Medan, kamper Singkil, dan Meranti.
4. Untuk mendapatkan kualitas yang bagus perlu melalui proses pengovenan yang baik.
5. Kayu dapat dibentuk sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung.
6. Kayu mempu menahan panas atau dingin dari luar ruangan.
7. Dari sudut estetika rumah yang menggunakan kusen kayu akan tampil lebih natural.
8. Saat ini kusen yang berkualitas baik sulit didapat.
9. Bila rumah tidask disiapkan anti rayap, maka kusen akan mudah dimakan rayap.
10. Kayu juga membutuhkan perawatan secara berkala dengan menggunakan cat atau coating alias diberi lapisan tahan jamur agar tetap awet.
11. Perawatan selanjutnya pada  warna kayu yang mulai kusam dilakukan pengecatan ulang. Gunakan cat kayu yang tahan terhadap segala cuaca.
12. Kayu memungkinkan  menyerap air dan terkena panas matahari sehingga menyebabkan volume kayu dapat berubah-ubah, akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka.
13. Kayu berkualitas buruk tidsak kuat menahan gaya punter akibat beban yang bekerja terhadapnya.
 
Kusen Aluminium
Berbeda lagi dengan kusen alumunium. Material ini dapat menjadi pilihan lain disamping material kayu.
1. Material ini lebih tahan keropos, karena sifat material ini yang tidak memungkinkan  dimakan rayap.
2. Bahan aluminium lebih tahan lama, anti rayap, tidak menyusut seperti kayu, tidak akan mengalami penyusutan dan perubahan bentuk / melengkung akibat perubahan cuaca.
3. Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan warna kayu bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu.
4. Desain dapat dibuat sesuai pesanan
5. Kusen aluminium adalah bobotnya yang ringan sehingga mudah dipindahkan.
6. Perawatannya yang mudah dan sederhana.
7. Variasi bentuk dan modelnya terbatas, karena kusen alumunium merupakan standart pabrik.
8. Pemasangan dengan menggunakan sistem fischer. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi.
9. Kusen aluminium yang bermutu rendah dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastic, maka kaca yang dibingkai dapat mudah lepas.
10. Dibutuhkan penyambungan berupa penyekat karet antara kaca dan alumunium (sealant)  dari bahan berkualitas dan tahan lama agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen atau ke ruangan.
 
Kusen UPVC
Jenis material kusen UPVC sudah banyak digunakan di beberapa bangunan, karena dewaa ini, kusen UPVC dinilai lebih dapat menjawab kebutuhan konsumen.
1. Terdapat alternatif material kusen yang lain merupakan turunan dari plastik yaitu unplasticized poly vinyl chloride (UPVC). Material ini diproses dengan proses tertentu sehingga sifat plastisnya minimal.
2. UPVC tahan rayap, tidak muai susut, mudah perawatannya hanya butuh perawatan yang minimal  dengan mengelapnya secara rutin, kedap suara dan tahan bocor.
3. Dapat digunakan untuk berbagai model dan jenis jendela seperti jendela fixed, bovenlitch, jendela decorative, jendela swing, jungkit, maupun sliding.
4. Pemesanan ukuran jendela disesuaikan dengan ukuran lapangan, jadi tidak menyediakan produk berukuran standar.
5. Mudah pecah bila terkena benturan.
 
Oleh:
Rita Laksmitasari
Direktur Mitra Bangun Sekawan
www.mitrabangunsekawan.com
(rhs)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป