getting time ...

Sudut Ruangan Nan Nyaman

Senin, 14 Mei 2012 10:31 wib
Sudut Ruangan Nan Nyaman
Sudut rumah bisa dimaksimalkan. (Image : Corbis.com)

JANGAN abaikan keberadaan sudut-sudut ruang yang menganggur. Jika area tersebut ditata secara tepat, tampilan rumah yang memiliki lahan sempit akan “tertolong”.

Sudut adalah ruang sisa yang terbentuk secara tidak sengaja. Sudut itu bisa berada di mana saja,di ruang tamu, ruang makan, bahkan di bawah tangga. Menurut arsitek Nugroho Widhi, dilihat dari jenisnya, sudut ruang terbagi menjadi dua, yaitu sudut yang bernilai dan sudut yang tidak bernilai.

Ruang sudut yang bernilai adalah yang bisa dijadikan sebagai point of interest. Jadi,ruang tersebut dapat digunakan untuk meletakkan berbagai elemen dekoratif yang bisa dilihat dari segala arah. Misalnya lukisan, patung, ataupun jenis aksesori lain. Sementara, sudut yang tidak bernilai merupakan ruang yang tak bisa difungsikan sebagai point of interest di dalam ruangan, misalnya sudut pintu. Nugroho menyebutkan, ada beberapa macam ruang sudut di antaranya sudut di dalam ruang. Lalu, sudut yang berada di bawah bordes tangga, ada juga sudut tanggung yang berada di antara kolom dan bangunan.

Intinya, sudut merupakan ruang sisa yang secara tidak sengaja terbentuk, bisa dikarenakan bentuk rumah ataupun kontur tanah. Sementara itu, menurut arsitek Andry Hermawan, ruang sudut bakal termanfaatkan secara baik jika si penghuni sadar saat dia ingin membangun sesuatu di dalam rumah, kelak akan ada ruang sisa yang bisa diberdayakan. Karena itu,agar pemanfaatannya sesuai dan berguna, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah perencanaan. Perencanaan menjadi sangat penting, kata Andry, supaya saat nanti ada ruang yang betul-betul tersisa,kita tidak bingung memperlakukannya.

Hal ini berkaitan pula dengan dimensi ruang. Misalnya, sebut Andry, jika ruang itu kecil –dalam arti tidak mencukupi untuk dilakukan sebuah aktivitas– bisa dimanfaatkan sebagai ruang yang mampu menonjolkan sisi estetika, seperti kolam dan taman.

Sebaliknya, jika luas lahan sudut itu cukup besar, sebaiknya dimanfaatkan sebagai area untuk berkegiatan, misalnya kamar mandi dan ruang hobi. Setelah mengetahui dimensi ruang dan untuk apa ruang itu difungsikan, kita dapat beralih ke “urusan” desain interior, seperti soal bagaimana permainan cahaya serta sirkulasi udaranya.

Dua hal tersebut harus menjadi prioritas,tidak hanya saat kita hendak membangun ruang-ruang di dalam rumah,tapi juga ketika ada sudut yang ingin dimanfaatkan. Andry menuturkan,untuk menentukan sistem tata pencahayaan, hal pertama yang harus dipikirkan adalah penarikan instalasinya. Kesalahan yang terjadi dan sering dilakukan oleh penghuni rumah adalah kurangnya perencanaan awal. Dalam arti, pencahayaan baru terpikirkan ketika ruang sudut itu sudah jadi.Alhasil,tidak jarang penghuni harus membongkar lagi dinding rumahnya.

Maka itu, saran Andry, sambil menentukan fungsi ruang, sebaiknya pikirkan juga tata pencahayaannya. Nugroho Widhi menimpali, penambahan sistem cahaya bisa menjadikan ruang sudut lebih bernilai. Misalnya, kita dapat “bermain” dengan lampu spot sehingga sudut ruang terlihat lebih ciamik. Pendapat tersebut diamini oleh Andry. Ruang sudut tidak hanya berfungsi sebagai ruang fungsional. Sebab, kadang kala kita juga dapat memanfaatkannya sebagai penunjang estetika ruang di dalam rumah.Sebagai contoh,ruang sudut dipakai untuk menerapkan pola permainan cahaya.

“Kita bisa bermain pada sudut ruang di bawah tangga yang digunakan sebagai area pengaplikasian estetika cahaya,” ujar Andry. Jadi, lanjut Andry, di setiap step bawah tangga kita berikan direct lampyang berfungsi untuk memancarkan cahaya ke lantai yang ada di ruang sudut tersebut. Begitu juga dengan sirkulasi udara. Misalkan ruang sudut itu digunakan untuk kamar mandi. Jadi, yang harus dilakukan adalah membuat jendela sebagai akses keluar-masuk udara bersih dan kotor. Contoh lain, jika ruang sudut tersebut berada di bawah tangga, kita bisa menggunakan sisi tangga sebagai jalur sirkulasi udara. Lantas,bagaimana kaitannya dengan tema rumah?

Andry mengatakan,pada prinsipnya setiap kali kita ingin membangun sebuah ruangan,akan lebih baik jika konsepnya selaras dengan tema rumah.Begitu juga dengan ruang sudut.J ika tema rumah kita minimalis, maka desain ruang sudutnya secara otomatis bakal disesuaikan dengan tema tersebut. (Titi S Apridawaty/Koran Sindo)

(rhs)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป