getting time ...

11 Juta Warga Jabodetabek Belum Miliki Hunian yang Layak

Eva Rosmala - Okezone
Selasa, 7 Agustus 2012 11:50 wib
11 Juta Warga Jabodetabek Belum Miliki Hunian yang Layak
Sebaran hunian di Jakarta (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA – Berdasarkan data statistik yang ada pertumbuhan penduduk Jabodetabek meningkat hampir 100 persen sejak 25 tahun lalu. Semula total penduduk sebanyak 12 juta jiwa, saat ini meningkat hingga sekira 23 juta jiwa. 

Sehingga, dapat dikatakan ada kenaikan 11 juta jiwa dari populasi penduduk Jabodetabek sebelumnya. Demikian disampaikan oleh Akademisi Universitas Tarumanegara yang juga menjabat sebagai Ketua Jurusan Real Estat Ing Jo Santoso.
 
"Tapi meningkatnya angka pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan ini masih belum diimbangi dengan pengadaan perumahan yang mencukupi. Karena 11 juta penduduk tambahan tersebut belum memiliki hunian yang layak," ujar Ing kepada Okezone, saat dihubungi, Senin (6/8/2012) sore.

"Mereka harus memikirkan nasibnya sendiri, mencari solusi di mana kemudian mereka akan hidup lalu tinggal dengan nyaman dan bisa menghidupi keluarganya," tambahnya.
 
Menurutnya, meskipun program pemerintah telah beberapa kali diperbarui, diganti bahkan dikaji ulang, seperti konsep hunian berimbang, program rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), hingga realisasi bantuan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan beberapa program baik yang sudah maupun belum terealisasi, namum, faktanya masalah perumahan bagaikan tanpa solusi.
 
"Jadi sebetulnya apakah pemerintah sudah benar-benar serius ingin membenahi? Atau programnya sendiri memang masih perlu dikaji," ujar Ing.
 
Dia menambahkan, gencarnya pembangunan demi pemenuhan kebutuhan tempat tinggal, baik melalui program pemerintah maupun hasil pengembangan swasta, baru dapat memenuhi kebutuhan hunian untuk masyarakat sekira satu juta.

"Dengan kata lain 11 juta penduduk Jabodetabek ini masih harus berpikir keras mengenai nasibnya kelak," tandasnya.  (NJB)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป