getting time ...

Gedung Pertamina Tower akan Dibuat Kembar?

Nur Januarita Benu - Okezone
Sabtu, 8 Desember 2012 16:59 wib
detail berita
Jakarta (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Rencana PT Pertamina Persero untuk membangun Pertamina Tower sepertinya bukan sekadar wacana. Pasalnya, menurut Direktur Umum Pertamina Luhur Budi Djatmiko, konstruksi gedung tinggi ini akan dilakukan pada akhir 2013 mendatang.

"Rencanya terget konstruksi bisa di akhir 2013 nanti," kata Budi saat ditemui pada Pertamina Days, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (8/11/2012).

Selain itu, Budi juga menjelaskan perihal kemungkinan arsitektur atau bentuk fisik gedung yang disebut-sebut akan berupa twin tower (menara kembar). "Pertamina masih menunggu izin. Kalau aturannya berubah kita bisa saja bikin dua tower," ungkapnya.

Saat ini, menurutnya, Pertamina juga sedang menunggu izin dari Kementerian Perhubungan mengenai batas ketinggian gedung. "Ini kan balik lagi, tergantung izin. Sekarang yang ada itu aturannya tower maksimal tinggi 220 m di Indonesia. Sementara kita kan lebih dari 430 meter, berarti harus ada izin dari Kementerian Perhubungan. Itu yang lagi diusahakan. Masih terkendala izin. Kalai izin sudah selesai, kita langsung go," tegas Budi.

Mengenai berapa lama waktu konstruksi, Budi mengatakan, kemungkinan akan memakan waktu sekira 18 atau 24 bulan. "Rampungnya paling cepat itu dua tahun dari konstruksi. Tetapi kan ada lagi detil gambar dan proses izinnya. Izinnya itu dalam tahap ketinggian untuk terkait peta, luas kan sama Pemda. Tetapi belum. Nanti kalau izin boleh, baru kita ke Pemda. Masih nunggu lah," tukasnya.

Pembangunan Pertamina Tower, lanjutnya, akan tetap dilakukan sesuai rencana sambil disesuaikan dengan perubahan regulasi dan izin oleh Kementerian Perhubungan.

"Kita pengen secepatnya tetapi kan regulasinya ada di Kemenhub. Regulasinya berubah kita jalan, karena dalam regulasi itu maksimal bikin tower 220 m. Tapi target konstruksinya tetap tahun depan," jelas Budi.

Dia juga mengungkapkan optimisme Pertamina ke depan untuk semakin menonjolkan produknya dengan adanya gedung Pertamina Tower, layaknya Petronas yang dimiliki Malaysia.

"Iya, kita harus punya produk sendiri, karena harapan kita ini (Pertamina Tower) bisa mencerminkan Pertamina ke depan," pungkasnya menutup. (NJB)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป