getting time ...

2013, Kemenpera Anggarkan Dana Pengembangan Kawasan Rp205 M

Nur Januarita Benu - Okezone
Kamis, 7 Februari 2013 11:16 wib
2013, Kemenpera Anggarkan Dana Pengembangan Kawasan Rp205 M
Ilustrasi pengembangan kawasan permukiman (foto: Heru H/Okezone)

JAKARTA - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengatakan, tahun ini Kemenpera akan kembali menyalurkan dana alokasi khusus (DAK) untuk 45 Kabupaten dan Kota.

Pada pelaksanaan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Tahun Anggaran 2013 di Hotel Sahid, Jakarta 5-6 Februasi 2013, dia mengatakan, tahun ini (2013) total anggaran DAK Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman sebesar Rp205,041 miliar yang akan diberikan kepada empat puluh lima Kabupaten/Kota," kata Djan, seperti dikutip dalam situs resmi Kemenpera, Kamis (7/2/2013).

Lebih lanjut Djan menjelaskan, pelaksanaan DAK Tahun 2013 akan dimonitor dengan lebih ketat agar tetap mengacu pada petunjuk teknis. "Selanjutnya apabila dari hasil monitoring dan evaluasi tidak sesuai dengan petunjuk teknis maka kami akan mengusulkan kepada Menteri Keuangan untuk tidak melanjutkan penyaluran dana," ujarnya.

Dia menambahkan, Petunjuk Teknis Pelaksanaan DAK ini telah ditandatangani dan tertuang dalam Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 40 Tahun 2012, tentang Petunjuk Teknis Penggunaan DAK Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman Tahun Anggaran 2013.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Kawasan, Hazaddin Tende Sitepu menjelaskan bahwa DAK adalah Dana yang dialokasikan untuk kegiatan Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU). "DAK adalah dana yang dialokasikan untuk kegiatan PSU yang dananya adalah APBN yang di-APBD-kan, artinya dana APBN yang ditransfer menjadi dana APBD di Kabupaten/Kota. Jadi seluruh kewenangan dan pemanfaatannya oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, tetapi juknisnya dibuat oleh Kemenpera yang harus ditaati dalam pelaksanaan DAK ini," jelas Hazaddin.

Hazaddin menyebut, kegiatan prasana sarana dan utilitasnya berbeda dengan PSU APBN. "Kalau PSU APBN ada jalan dan saluran maka di DAK ini ada komponen sampah, air minum, penerangan jalan umum dan jaringan distribusi listrik. Untuk itu outcome daripada PSU ini adalah satu unit satu rumah," paparnya.

Target alokasi DAK Kemenpera Tahun 2013 yang ditetapkan Bappenas adalah sebesar 30 ribu unit. Sementara kriteria daerah yang dapat DAK adalah berdasarkan kriteria umum artinya indeks fiskalnya rendah, termasuk daerah khusus dan berdasarkan aspek teknis lainnya. Lokasi penerima DAK ditetapkan berdasarkan usulan. (NJB)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป