getting time ...

Listrik Naik, Tarif Sewa Kantor di Jakarta Naik 35%

Nur Januarita Benu - Okezone
Selasa, 7 Mei 2013 19:03 wib
Listrik Naik, Tarif Sewa Kantor di Jakarta Naik 35%
Perkantoran di kawasan Thamrin, Jakarta (Foto: Nur Januarita/Okezone)

JAKARTA - Tarif sewa ruang perkantoran di Jakarta diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 35 persen sepanjang tahun 2013. Hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya kenaikan tarif dasar listrik sebesar 15 persen mulai Januari 2013.

Tak hanya itu, permintaan (demand) yang tinggi dari perusahaan-perusahaan asing dalam industri perbankan dan keuangan pun turut mengerek naiknya tarif sewa kantor. Kondisi ini terjadi sebab perekonomian Indonesia dinilai stabil dan terus tumbuh, sehingga banyak perusahaan tertarik untuk berekspansi.

Demikian disampaikan konsultan properti Coldwell Banker Commercial, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (7/5/2013). Selain itu, harga tanah yang terus meningkat juga menjadi pendorong kenaikan tarif pada kantor dengan sistem sewa (leasing office).

Lebih lanjut, mereka memperkirakan kondisi ini akan terus terjadi hingga dua tahun ke depan. "Suplai dari gedung-gedung kantor baru merupakan faktor pendorong kenaikan harga dalam waktu dekat," sebutnya.

Sementara mengenai profil konsumen, sebagian besar yang tertarik memanfaatkan ruang perkantoran di Jakarta berasal dari sektor perbankan, konsultan keuangan, properti, energi, agribisnis, telekomunikasi dan ritel.

Dalam beberapa tahun ke depan diprediksi, suplai ruang kantor baru untuk area CBD akan lebih banyak tersedia di wilayah barat dan selatan Jakarta. Sementara untuk non-CBD, koridor TB Simatupang masih menunjukkan geliat properti yang tumbuh signifikan. (NJB)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Facebook Comment List

Beri komentar

BACA JUGA ยป